Senin, 26 November 2012

EVALUASI

EVALUASI
     Evaluasi artinya penilaian terhadap tingkat keberhasilan siswa mencapai tujuan yang telah di tetapakan dalam sebuah program. Padanan kata evaluasi adalah assessment yang menurut Tardif (1989) berarti proses penilaian untuk menggambarkan prestasi yang di capai siswa sesuai dengan kriteria yang telah di tetapkan. Selain kata evaluasi dan assessment ada pula kata lain yang searti dan relatif lebih masyur dalam dunia pendidikan kita yakni tes,ujian,ulangan.
     Iatilah THB(Tes hasil Belajar) dan TPB(Tes Prestasi Belajar) adalah alat-alat ukur yang banyak digunakan untuk menentukan taraf keberhasilan sebuah proses belajar-mengajar atau untuk menentukan taraf keberhasilan sebuah program pengajaran. Sementaraitu, evaluasi biasanya di gunakan untuk menilai hasil pembelajaran para siswa pada akhir jenjang pendidikan tertentu,seperti evalusi belajar tahap akhir dan evaluasi belajar tahap akhir ( EBTA dan EBTANAS ).
Tujuan evaluasi
1.    Untuk mengetahui tingkat kemajuan yang telah di capai pleh siswa dalam suatu kurun waktu proses belajar tertentu. Hal ini berati seorang guru dapat mengetahui kemajuan perubahan tingkah laku siswa sebagai hasil proses belajar dan mengajar yang melibatkn dirinya selaku pembimbing dan pembantu kegiatan belajar siswanya
2.    Untuk mengetahui posisi atau kedudukan seorang siswa dalam kelompok kelasnya. Dengan demikian hasil evaluasi itu dapat dijadikan guru sebagai alat penetap apakah siswa tersebut termasuk kategori cepat,sedang atau lambat dalam arti mutu kemampuan belajarnya.
3.    Untuk mengetahui tingkat usaha yang di lakukan siswa dalam belajar. Dengan hal ini guru bisa mengetahui tingkat kepahaman siswa itu seberapa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar